Seluruh Obat Ditanggung BPJS

Seluruh Obat Ditanggung BPJS

\"Bengkulu\"KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang,  Sudarno Kusumo SKM MKes mengimbau, kepada masyarakat jika seluruh obat ditanggung oleh BPJS Kesehatan.  Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang  menebus obat di luar.   \"Sebenarnya seluruh jenis obat itu ditanggung BPJS kesehatan, namun sekarang ini di masyarakat kita ada maunya obat paten tidak mau generik,\" ungkapnya.

Padahal, menurut Sudarno, jenis obat paten dan generik tidak memiliki perbedaan, terutama untuk kadarnya. Sehingga warga yang mendapatkan obat generik sering merasa bila obatnya tidak bagus dan tidak dapat menyembuhkan penyakit yang dideritanya. \"Perbedaan hanya para merek  dagang, untuk kadar obatnya itu sama saja sesuai dengan resep yang disarankan dokter,\" sebutnya.

Menanggapi adanya kelurahan warga menggunakan BPJS Kesehatan saat berobat di RSUD Kepahiang sering mengeluhkan kekosongan obat di RSUD, Sudarno pun mengklaim,  bila adanya petugas yang mengatakan stok obat habis saat peserta BPJS klaim pengambilan obat, maka itu ada permainan oknum petugas semata. Sebab RSUD dan Dinas Kesehataan selalu memiliki ketersedian berbagai jenis obat yang sudah tentu masuk dalam tanggungan BPJS Kesehatan.

\"Kalau ada petugas bila obatnya kosong saya rasa itu sudah permainan oknum, sebab kita selalu memiliki ketersedian obat-obat baik RSUD maupun Dinkes,\" tegas Sudarno. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: